Cerita Beras dan Kuliah (Filosofi Beras untuk Pendidikan)

Beras & Kuliah ? Apa hubungannya coba? -_-?

Memang si beras dan si kuliah itu gak ada di dalam satu konteks yang sama. Udah Jelas beras itu bahan makanan dan Kuliah itu kegiatan. Tapi kalo disambung- sambungin akhirnya ada hubungannya kok. Untuk lebih jelasnya baca notes ini sampai selesai ya ๐Ÿ™‚

Beras (beras asalnya dari padi, kepanjangan kalo diterusin), nasib dari si beras itu ada 3 yaitu jadi nasi, jadi bubur atau jadi rusak. Nah semua itu tergantung dari si ‘Empu-nya’ beras buat ngolahnya. Nah terus hubungannya sama kuliah apa?

Nah hubungan beras ama ‘3 takdir beras’ itu adalah sama- sama ditentuin sama siapa yang mau ngejalanin kuliah itu. Orang yang mau kuliah bisa milih, dia mau jadi nasi, bubur atau beras yang rusak.

Kalo dia mau jadi nasi yang disukain banyak orang dia harus bener2 ngejalanin kuliahnya, ngejalaninya dengan enjoy gak beban dan satu lagi hal yang paling penting, yaitu dapet HASIL dari kuliahnya. Maksud HASIL itu adalah ilmu, baik ilmu formal yang didapet dari kuliahnya atau ilmu non-formal yang didapet dari pergaulan pas dia lagi kuliah.

Trus kalo misalnya dia jadi bubur, mungkin dia ngejalanin kuliah cuma sebatas tuntutan dari lingkungannya, dia kurang sreg ama kampus/ jurusan yang dipilihnya, tapi akhirnya dia sadar apa yang udah dipilihnya itu udah gak bisa ‘direwind’ lagi, dan akhirnya dia berusaha buat bisa ngambil esensi dari kuliah ‘kepaksanya’ itu, meski cuma sedikit. Dan akhirnya dia pun bisa jadi bubur, meki dari bahan yang sama tapi dengan proses yang lebih lama dan kandungan zat yang lebih sedikit dari nasi.

Dan yang terakhir adalah jadi beras rusak, kalo ini udah kejelas, kuliahnya Gagal dan gak dapet sedikitpun HASIL dari kuliahnya. Biasanya ini dialamin sama orang yang kuliah cuma sebatas ngejar gengsi dan paksaan lingkungan, dia masuk kuliah, dia gak suka ama jurusannya, dia gak nge-click ama kehidupan kampusnya dan akhirnya dia gak enjoy buat kuliah, akhirnya cabut2an dan nilai gak bener, dan dia pun SUKSES jadi beras rusak yang tinggal dibuang aja.

Yah, semua itu bergantung sama kita sendiri, mau jadi nasi, bubur atau beras rusak? *maaf kalo gak nyambung, struktur bahasa acak2an atau yang lainnya ๐Ÿ™‚ *

682010-Pagi hari di tempat Magang

Advertisements

~ by ryanbhuled on 06/08/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: