Cerita Beras dan Kuliah (Filosofi Beras untuk Pendidikan)

•06/08/2010 • Leave a Comment

Beras & Kuliah ? Apa hubungannya coba? -_-?

Memang si beras dan si kuliah itu gak ada di dalam satu konteks yang sama. Udah Jelas beras itu bahan makanan dan Kuliah itu kegiatan. Tapi kalo disambung- sambungin akhirnya ada hubungannya kok. Untuk lebih jelasnya baca notes ini sampai selesai ya 🙂

Beras (beras asalnya dari padi, kepanjangan kalo diterusin), nasib dari si beras itu ada 3 yaitu jadi nasi, jadi bubur atau jadi rusak. Nah semua itu tergantung dari si ‘Empu-nya’ beras buat ngolahnya. Nah terus hubungannya sama kuliah apa?

Nah hubungan beras ama ‘3 takdir beras’ itu adalah sama- sama ditentuin sama siapa yang mau ngejalanin kuliah itu. Orang yang mau kuliah bisa milih, dia mau jadi nasi, bubur atau beras yang rusak.

Kalo dia mau jadi nasi yang disukain banyak orang dia harus bener2 ngejalanin kuliahnya, ngejalaninya dengan enjoy gak beban dan satu lagi hal yang paling penting, yaitu dapet HASIL dari kuliahnya. Maksud HASIL itu adalah ilmu, baik ilmu formal yang didapet dari kuliahnya atau ilmu non-formal yang didapet dari pergaulan pas dia lagi kuliah.

Trus kalo misalnya dia jadi bubur, mungkin dia ngejalanin kuliah cuma sebatas tuntutan dari lingkungannya, dia kurang sreg ama kampus/ jurusan yang dipilihnya, tapi akhirnya dia sadar apa yang udah dipilihnya itu udah gak bisa ‘direwind’ lagi, dan akhirnya dia berusaha buat bisa ngambil esensi dari kuliah ‘kepaksanya’ itu, meski cuma sedikit. Dan akhirnya dia pun bisa jadi bubur, meki dari bahan yang sama tapi dengan proses yang lebih lama dan kandungan zat yang lebih sedikit dari nasi.

Dan yang terakhir adalah jadi beras rusak, kalo ini udah kejelas, kuliahnya Gagal dan gak dapet sedikitpun HASIL dari kuliahnya. Biasanya ini dialamin sama orang yang kuliah cuma sebatas ngejar gengsi dan paksaan lingkungan, dia masuk kuliah, dia gak suka ama jurusannya, dia gak nge-click ama kehidupan kampusnya dan akhirnya dia gak enjoy buat kuliah, akhirnya cabut2an dan nilai gak bener, dan dia pun SUKSES jadi beras rusak yang tinggal dibuang aja.

Yah, semua itu bergantung sama kita sendiri, mau jadi nasi, bubur atau beras rusak? *maaf kalo gak nyambung, struktur bahasa acak2an atau yang lainnya 🙂 *

682010-Pagi hari di tempat Magang

Advertisements

It’s Ice Cream Philosophy :)

•02/08/2010 • Leave a Comment

Ice Cream atau bahasa indonesianya Es Krim. Satu makanan enak, dingin dan satu lagi manis.

3 kata yang jadi sifat es krim itu bisa di hubungin sama kehidupan yang kita jalanin. Mau Tau? liat aja penjelasannya dibawah ini:

1. Enak –> Es krim itu enak, mau es krim yang murah yang mahal, es krim yang harganya 1000an nyampe yang 50.000an, semuanya enak. dari sifatnya itu bisa kita korelasiin sama kehidupan kita, korelasinya adalah Ke-enak-an hidup itu bisa dicari gak dengan harta, tapi dengan mencari kepuasan dari hidup kita. Kita gak perlu kaya untuk bisa hidup enak, kita gak perlu punya banyak duit untuk bisa hidup enak, tapi hidup enak itu didapet dari gimana cara kita memaknai dan mensyukuri hidup kita. Kalo misalnya kita punya duit banyak tapi gak bersyukur dengan apa yang kita punya itu, pasti idupnya gak enak karena ngerasa gak puas terus.

2.Dingin –> Es krim itu dingin, kalo gak dingin ntar meleleh *its fact*, tapi kalo dalam hidup kita, kita punya sifat ‘Dingin’ di lingkungan kita, dimana sifat dingin itu adalah ngerasa gak peduli sama apa yang ada dilingkungan kita, maka hidup yang kita jalanin bakal kerasa gak enak lah. Kita sebagai makhluk sosial harus peka terhadap apa yang ada di dalam kehidupan sosial kita, kita haru bisa ‘melting’ kalo kita masuk kedalam satu lingkungan sosial, meskipun lingkungan itu baru buat kita.

3. Sifat terakhirnya adalah Manis. Es Krim itu Manis, makanya disukain anak kecil sampe orang dewasa. Kalo misalnya es- krim itu punya rasa kaya obat, pasti gak ada yang mau makan eskrim.Es krim itu manis karena ada gula atau pemanisnya,Nah sama kaya kehidupan kita. Kehidupan yang kita dambain itu adalah kehidupan yang ‘manis’, bisa buat kita bahagia dan senang untuk ngejalaninnya. Untuk bisa punya kehidupan yang manis itu, kita juga perlu punya pemanis atau ‘gula’dalam hidup kita. Pemanis dalam hidup seseorang itu bisa beda- beda, bisa keluarga, sahabat, pacar, ketiganya dan lain sebaginya. Pemanis itu bakal ngedukung kita kalo hidup kita lagi pahit, dan pemanis bisa ngehibur kita kalo hidup kita lagi hambar. 🙂

Ya itu aja sih yang bisa saya utak atik dari sifat si Eskrim, mungkin masih ada sifat eskrim yang lainnya,Kalo misalnya ada yang tau bisa dishare aja di comment-space dibawah ini, sampai ketemu di filosofi- filosofi makanan lainnya ya 🙂

See You!!

The Amazing Food Adventure -Tahu Kupat-

•30/07/2010 • Leave a Comment

Makan…suatu kegiatan yg gak bs dipisahkan dr idup manusia.nah untuk makan dibutuhin makanan.nah notes ane dg judul amazing food adventure ini akan ngebahas makanan2 yg udah pernah gw makan.untuk resensi makanan pertama ane bkl ngebahas tahu kupat.ini makanan yg gw temuin d solo,entah makanan khas gak tau bukan.yg pasti ini makanan enak abis.ìsinya tuh tahu,bakwan,ketupat,taoge,kacang.nah kombinasi bahan2 tsb dsiram ama bumbu gula merah+cuka,nah rasa bumbunya kayak bumbu pempek.enak dah.nah kl mw beli dtg aja d blk kampus uns solo,dsitu ada tahu kupat porsi dahsyat,murah,enak.pokona uenukk!

Krakal the heaven’s mask beach

•16/05/2010 • Leave a Comment

krakal2

Orang yang baca post saya ini pasti bertanya kenapa judulnya Krakal the heaven’s mask beach. Salah satunya mungin karena post saya ini ngebahas tentang pantai Krakal yang terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi hal lainnya adalah mungkin karena keindahan pantai krakal yang bisa disebut seperti salah satu surganya dunia.

Perjalanan untuk ke pantai krakal berjarak kurang lebih 70Km dari kota Surakarta. Perjalan tersebut bisa ditempuh selama kurang lebih 3 jam dengan menggunakan motor. Rute yang dipakai adalah melalui Surakarta-Delanggu-Trucuk-Gn.Kidul-P.Krakal. Pantai Krakal terletak di komplek pantai BKK. di komplek tersebut terdapat lebih dari 3 pantai, antara lain pantai baron, kukup, drini, dan pantai lainnya. Namun salah satu pantai yang menurut saya terindah adalah pantai Krakal.

krakal3

Tapi dibalik keindahannya itu, krakal juga merupakan sebuah pantai yang cukup ngebuat kita ngeri juga, kenapa, karena pantai krakal merupakan sebuah pantai karang. Pantai karang adalah pantai yang dikelilingi oleh karang karang disekitarnya. Komposisi karangnya cukup banyak dibanding komposisi pasirnya. Karang di krakal juga merupakan karang- karang tajam, jadi kalo kita gak hati hati di sana bisa bisa ngelukain kita. Temen saya, waktu kita rame- rame ke krakal pernah ngerasai jatuh diatas karang itu. Yah lumayan sih, kepalanya bocor dikit. Untungnya cuma bocor dikit, kalo banyak mungkin saya dan temen- temen saya yang lain udah kalang kabut.

krakal1

Yah, tapi tetep aja, dibalik kengeriannya itu Krakal tetap menjadi salah satu surga dunia di daerah Jawa Tengah.

Think creative can start from a little things.

•16/05/2010 • Leave a Comment

Kenapa saya nulis yang beginian?? yah mungkin masih kebawa- bawa omongan mas Yoris Sebastian di acara UNS Blogfest kemarin.

Si mas bilang, kalo pola pikir ‘Out of the box’ itu bisa dirangsang dengan melakukan hal hal kecil dulu, kaya ngerubah kebiasaan kita, misalnya biasa pake gelang atau jam ditangan kiri, sekarang coba untuk pake ditangan kanan atau biasa tidur malem banget (red begadang), sekarang coba untuk tidur di waktu normal.

Kenapa sih hal kecil itu bisa ngebuat kita ‘think out of the box’??
yah, kalo menurut saya sih dengan melakukan hal- hal yang gak biasa itu, bisa membuat kita untuk berpikir gak biasa juga. Dan dengan berpikir hal- hal yang gak biasa itu, maka akan muncul juga ide ide yang luar biasa.

Sekarang sih saya baru nyoba untuk ngelakuin hal- hal yang biasa saya lakukan dengan cara yang berbeda, saya udah nyoba make gelang di kanan (biasanya di kiri), tapi sampai saat ini saya masih pengen nyoba ke kampus sambil jalan kayang, tapi belum mampu kayanya. =)

Yah pokoknya terima kasih dah buat mas Yoris, yang udah nyadarin saya buat mikir ‘out of the box’, dan juga terimakasih udah muji kaos gw yang Marley, Surip, and Me. Tunggu aja kaos dan gebrakan kreatif saya selanjutnya. heheh (bocoran –> saya mau buat kaos saya dan obama) =)

marley surip me

Tutorial Photoshop

•15/01/2009 • Leave a Comment

Berikut ini saya punya beberapa file tuttorial photoshop buwat ngedit ngedit poto:

16-trik-menarik-adobe-photoshop

bikin-baru-foto-lama

mewarnai-komik

bikin-hantu

MAsih banyak tutorial yang blum gw upload tunggu aja beberapa waktu mendatang….

DOwnload aja trus ajarin temen temen loe….

Have fun with Photo editinG!!

Tetralogy Laskar Pelangi….

•15/01/2009 • Leave a Comment

nih.>!!!< Gw punya buku Laskar Pelangi format Pdf…

yang mau download klik aja link ini…:

laskar-pelangi

laskar-pelangi1.1

laskar-pelangi1.2

laskar_pelangi1.3

laskar_pelangi1.4

laskar_pelangi1.5

laskarpelangi1.6

laskarpelangi1.7

novel-edensor

Sorry yang edensor ama sang pemimpi blom sempet ke up;load ntar lagi ya….

Sorry Kalo baru tiga seri….masalahnya gw blum dapet yang buku ke-4nya “Maryamah karpov”.

Lagian ntar klo udah ada trus di upload, kan kasian Abang Andrea ntar gak laku bukunya.hehehe…